Hanya Pembelajar

Manajemen jaringan internet


Manajemen jaringan internet akan semakin diperlukan oleh seorang manajer jaringan atau administrator jaringan, manakala jaringan yang harus ditanganinya sudah semakin besar. Ketersediaan hubungan atau availability of connection setiap saat merupakan sebuah goal yang harus dicapai. untuk itu, seorang administrator dituntu untuk mengetahui kondisi kesehatan jaringannya secepat mungkin, sebelum para pengguna jaringan mengetahui adanya masalah seperti connection down, paket yang didiscard tinggi, dan lain sebagainya

Dengan SNMP, yang terdiri dari tiga elemen: agent, manajer, dan MIB, proses monitoring jaringan dapat dilakukan secara terpusat. Agen yang dipasang tersebar di setiap router atau host-host penting, akan memberitahu kepada sebuah manajer mengenai kondisi mesin yang dimonitornya.

Pada prinsipnya, setiap device jaringan dapat dimonitor menggunakan SNMP. yang diperlukan untuk keperluan tersebut adalah agen dan MIB. banyak software agen SNMP yang dibuat menurut kebutuhan device, dengan informasi dalam MIB spesifik.

Sebuah jaringan komputer, secara umum memiliki objek-objek yang dapat diamati yang dikelompokan de dalam group-group: system, interface, at, ip, icmp, dan tcp. untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan misalnya utilitas interface, software manajer harus mengumpulkan informasi tentang beberapa objek yang relevan, kemudian dimasukan kedalam rumus yang sesuai untuk informasi utilitas tersebut.

Source: TCP/IP Standar, Desain, dan Implementasi



Tag : wirelles
3 Komentar untuk "Manajemen jaringan internet"

Wah, terobsesi jadi admin jaringan neh....
kalo udah dapet sertifikat CCNA dah mantebs tuh..

**Saran, profil komentatar juga diijinkan donk NAMA dan URL, agak susah neh komen, karena yang diijinin cuman google account doank.**

wah kamu kayaknya ahli abngat deh denga jaringan internet...
jagan2 kamu ahli dalam bidang jaringan yah....???

Sipp, bermanfaat.

Bertukar link : Link sudah saya pasang, silakan dicek....Ditunggu link baliknya...

Ini link saya
Anchor text : Mampir Ngombe
URL : http://awaludyn.blogspot.com
Terima kasih...

maaf komentar anda melalui proses moderasi

Back To Top