Hanya Pembelajar

Petik Laut Muncar

Ditulis oleh Kecamatan Muncar
Selasa, 23 September 2008 12:10

Sejak masa kerajaan Blambangan, masyarakat pantai Muncar setiap tanggal 15 Syuro melakukan tradisi yang disebut Upacara Petik Laut sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat atas hasil laut yang melimpah.

Dalam perkembangannya, upacara Petik Laut telah mengalami banyak perubahan, disesuaikan dengan perkembangan zaman.


Untuk periode tahun ini tradisi upacara Petik Laut akan dilaksanakan pada hari senin, 12 Januari 2009 pada pukul 06.30 sampai selesai, bertempat di dusun Kalimati desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar.


Pelaksanaan Upacara Petik Laut di Muncar dapat dipandang dalam 3 (tiga) aspek, yaitu :

  1. Aspek Agama (Islam) yaitu pada dasarnya upacara Petik laut sebagai ungkapan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana masyarakat Muncar dan sekitarnya telah mendapat anugerah dari Alloh SWT berupa kekayaan hasil laut yang melimpah dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sepanjang masa. Menjelang pelaksanaan Petik Laut dilakukan malam Tirakatan atau tasyakuran pada tanggal 11 Januari 2009 sejak terbenamnya matahari tidak diperbolehkan ada keramaian maupun bunyi-bunyian namun diisi dengan kegiatan pengajian.

  1. Aspek Tradisi yaitu sebagai tanda pelaksanaan Upacara Petik Laut Muncar akan diisi dengan rangkaian kegiatan antara lain :
    1. Pembuatan perahu gitik sesaji yang nantinya akan diisi dengan segala ubo ramped an dilarung ke tengah laut.

b. Upacara Ider Bumi yakni tanggal 15 syuro pagi dilakukan kirab perahu gitik sesaji keliling perkampungan nelayan menuju ke tempat upacara petik laut yang diawali dengan penampilan tarian jejer gandrung khas Banyuwangi.

c. Pemasangan pancing emas pada perahu gitik sesaji dan pemotongan tali ikat perahu sebagai tanda dimulainya upacara petik laut secara resmi.

d. Pelepasan / pelarungan perahu gitik sesaji ke tengah laut. Acara ini diikuti oleh ribuan massa dan diiringi oleh banyak perahu nelayan. Pelarungan gitik sesaji dilakukan sampai di semenanjung Sembulungan. Selesai pelarungan, semua masyarakat melakukan makan bersama di sekitar pantai.

3. Aspek Wisata yaitu kegiatan upacara petik laut Muncar telah ditetapkan sebagai agenda wisata kabupaten Banyuwangi, dimana tradisi dari nenek moyang ini perlu dipelihara, dikembangkan dan dilesatarikan sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Tag : banyuwangi
0 Komentar untuk "Petik Laut Muncar"

maaf komentar anda melalui proses moderasi

Back To Top