Hanya Pembelajar

lareosing Banyuwangi



lareosing adalah sebutan untuk remaja/pemuda dari banyuwangi asli
lareosing adalah terdiri dari kata ~lare~ dan kata ~osing~
kata lare artinya pemuda atau remaja..artinya sama dengan anak,bocah,arek
seperti di surabaya biasa dengan arek-arek suroboyo atau malang arek-arek malang
banyuwangi terbiasa dengan lare-lare banyuwangi atau biasa disebut dengan laros

osing/using adalah suku asli masyarakat banyuwangi
menurut mbahku hehehehehe mbahku ikutan nih
Suku Using adalah penduduk asli Banyuwangi dan merupakan penduduk mayoritas di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi.
Suku Using mempunyai Bahasa Using yang merupakan turunan langsung dari Bahasa Jawa Kuno seperti halnya Bahasa Bali. Bahasa Using sangat berbeda dengan Bahasa Jawa sehingga bahasa Using bukan merupakan dialek dari bahasa Jawa seperti anggapan beberapa kalangan
Suku Using menempati beberapa kecamatan di kabupaten Banyuwangi bagian tengah dan bagian utara, terutama di Kecamatan Banyuwangi, Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Glagah dan Kecamatan Singojuruh, Kecamatan Giri, Kecamatan Kalipuro, dan Kecamatan Songgon

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyadari potensi budaya suku Using yang cukup besar dengan menetapkan desa kemiren di kecamatan Glagah sebagai desa adat yang harus tetap mempertahankan nilai-nilai budaya Suku Using. Desa kemiren merupakan tujuan wisata yang cukup diminati di kalangan masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya. Festival budaya dan acara kesenian tahunan lainnya sering diadakan di desa ini.

anak merana lareosing atau bukan seeh? menurut anda saya laros atau bukan ?
bagi saya gak ada masalah saya lareosing atau bukan yang penting saya lare banyuwangi
saya lahir dan besar di banyuwangi namun kakek buyut saya berasal dari kota kediri
pergaulan saya sehari-hari malah sering berbahasa madura dengan temen-temen
suku madura yang lahir dan besar di muncar jadi..jadi mereka adalah warga asli muncar
asyik banget jadinya saya selain bisa berbahasa osing/using..seng paran-paran
saya juga bisa bahasa madura karna disana banyak memakai bahasa madura
fasih berbahasa jawa karna memang saya keturunan orang jawa..ngono yoo ngono



selaian ada situs pemkab banyuwangi sendiri anda juga bisa mengunjungi situs laros
silahkan mengunjungi situs Lare-Lare Banyuwangi untuk melihat kesenian banyuwangi
ohh ya ada juga Blog Anak Nelayan muncar artikel tentang nelayan muncar ada disitu
Back To Top